Blog Seputar Kajian Islam, Al - Quran , Asmaul Husna, Juz Ke 30, Ayat Kursi, Doa-Doa, Bacaan Surat, Bacaan Doa, Kata Kata

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan - Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan, dan persalinan. Pendidikan kesehatan adalah proses membantu sesorang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya, dan orang lain.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan 

Penyuluhan Penyakit TBC


Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Yang terhormat Bapak Kepala (nama sekolah)Bapak / ibu guru (nama sekolah) yang kami hormatidan siswa-siswi (nama sekolah) yang kami sayangi

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT , yang telah m

elimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti penyuluhan tentang penyakit TBC.Hadirin yang berbahagia, kami selaku kader kesehatan dari Puskesmas Sehat Bugar akan menyampaikan beberapa hal tentang penyakit TBC yang mewabah saat ini.

Penyakit TBC atau Tuberculosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Kuman tersebut dapat menyerang bagian-bagian tubuh kita seperti paru-paru, tulang sendi, usus, kelenjar limfe, selaput otak, dan lain-lain.

Penderita TBC ditandai dengan gejala pokok, yaitu batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih. Selain itu, penderita TBC juga mengalami gejala tambahan, yaitu demam dan meriang selama 1 bulan atau lebih, nyeri dada dan sesak napas, dahak bercampur darah, dan keluar keringat dimalam hari tanpa melakukan kegiatan.

Hadirin yang kami banggakan, penyakit TBC adalah penyakit menular yang dapat menula r melalui kuman. Kuman TBC disebarkan oleh penderita yang belum berobat, yang batuk dan bersin tanpa menutup mulutnya, lalu masuk ke paru-paru manusia melalui pernapasan.

Untuk menentukan penderita TBC, dilakukan pemeriksaan dahak di laboratorium, lalu pemeriksaan roentgen foto paru-paru bila pemeriksaan laboratorium hasilnya negative.

Hadirin yang terhormat, walaupun TBC adalah penyakit mematikan, namun ada cara mengobatinya, yaitu pertama-tama pergi ke puskesmas atau rumah sakit, apabila dinyatakan positif TBC, maka akan diberi obat paket secara gratis. Obat ini harus diminum setiap hari selama 6-8 bulan sampai dinyatakan sembuh.

Mencegah penyakit TBC tidak sulit, yaitu melakukan imunisasi TBC sejak dini untuk anak-anak. Selain itu, bagi yang belum terjangkit harus meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kita rendah, tubuh kita rentan terhadap penyakit.

Hadirin sekalian, TBC merupakan penyakit yang dapat mematikan dan mudah menular. Jadi, bagi yang sedang terjangkit TBC, harus minum obat secara teratur sampai dinyatakan sembuh dan harus berhati-hati agar tidak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Sekian pidato penyuluhan dari kami, terimakasih atas perhatiannya dan kami mohon maaf atas kesalahan yang kami perbuat.


W assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh 

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan Olahraga
Assalamualaikum. Wr. Wb


Yang saya hormati .....Serta teman - teman yang saya sayangi

Pertama - tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dalam bentuk kesehatan dan keselamatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam kesampatan yang baik ini tak kurang suatu apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita unjukkan kepada Nabi Agung kita Nabi Muhammad Saw. yang kita nanti - nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti. Amin.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan yang baik ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sedikit pidato yang berjudul, "Jaga Kesehatan dengan Olahraga Ringan dan Menyenangkan."Sebelum kita membahas macam dan manfaat olahraga ringan bagi kesehatan tubuh, sebenarnya apasih yang dimaksud dengan olahraga ringan? Olahraga ringan adalah olahraga yang aktivitasnya tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak memberikan efek lelah seusai melakukannya.

Contoh olahraga ringan yang paling umum adalah jogging atau lari dengan kecepatan rendah, biasanya dibawah kecepatan 10 km/jam. Jogging biasanya dilakukan di pagi dan sore hari. Dengan jogging, bagian - bagian tubuh yang berlemak seperti perut dan pipi akan bergetar sehingga lemak tersebut akan hancur secara perlahan. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang - orang yang ingin memperbaiki bentuk tubuh menjadi lebih langsing. Jogging juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan peforma jantung. Jogging lebih baik lagi jika dilakukan saat pagi hari, karena udara pagi hari masih segar sehingga amat baik untuk kesehatan paru - paru.

Apabila ingin jogging yang lebih menyenangkan dan seru, kita bisa mengajak teman, kerabat, pacar untuk jogging bersama, ataupun kita bisa mendengarkan musik melalui earphone atau headshet saat jogging. Dengan ini, bisa sekaligus untuk merefreshingkan otak kita. Jogging di sekitar rumah dengan durasi 15 - 30 menit saja, itu sudah cukup bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Contoh lainnya adalah scout jump, push up, back up, sit up, dan peregangan otot lainnya. Ini sangat baik dilakukan dipagi hari setelah bangun tidur untuk streaching atau pemanasan otot serta persendian sebelum kita melakukan berbagai aktivitas di hari tersebut, untuk mencegah tetjadinya kram dan hal - hal yang tidak diinginkan lainnya. Jika kita ingin melakukan olahraga yang lebih menyenangkan dan seru lagi, kita bisa melakukan dance ringan dengan iringan musik - musik kesukaan kita, atau berolahraga yang dipadukan dengan games, seperti lompat tali, lomba lari jarak pendek, dan sebagainya.

Olahraga ringan memang belum kentara hasilnya jika kita baru pertama kali melakukannya. Tetapi, jika kuta sudah melakukannya secara rutin setiap hari badan kita akan menjadi lebih segar, bugar, dan lebih ringan. Dengan berolahraga ringan, kita bisa menjaga kesehatan dengan berolahraga di sekitar rumah dan melakukannya kapan saja. Kita tidak perlu pergi ke gym atau pelatihan tertentu dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Sehat itu tidak harus mahal, bukan? Untuk itu, mulai dari sekarang ayo kita berolahraga ringan secara rutin setiap hari. Jangan bosan untuk hidup sehat!
      Demikian pidato saya kali ini. Bila ada kata maupun sikap yang kurang berkenan di hati Anda, saya mohon maaf. Sekian dari saya dan terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb  

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan Tubuh, Gizi dan Nutrisi Bagi Anak-anak dan Kita Semua


Assalamualaikum. Wr. Wb

Alhamdulillah Wasyukurillah saya panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Taufik, Hidayah, Inayah serta nikmat Iman, Islam dan kesehatan kepada kita sekalian hingga kita dapat bersilahturahmi dalam acara penyuluhan kepada masyarakat di Lingkungan Daerah Cipocok Jaya tentang Pentingnya Kesehatan Tubuh, Gizi dan Nutrisi Bagi Anak-anak dan Kita Semua.

Mengingat Negara kita merupakan Negara yang memiliki jumlah penduduk yang banyak, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan hidupnya. Dengan menjaga kesehatan hidup, akan dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang atau mesyarakat tersebut dengan sendirinya. Misalnya, apakah mungkin kita dapat bekerja atau beraktivitas dengan keadaan fisik maupun jiwa yang kurang (tidak) sehat?

Itu semua tidak akan terjadi, apabila terjadi pun hasilnya tidak akan maksimal atau tidak sebaik jika kita dalam kondisi sehat.

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga ataupun menghindari penyakit (permasalahan) yang terjadi didalam diri agar badan selalu sehat, diantaranya:

Makanan BergiziMakan makananlah yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh tanpa mengurangi atau menambahkan kandungan yang terdapat didalamnya. Percayalah, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi dapat menambah umur hidup kita. Mengapa saya mengatakan seperti itu? Karena makanan pada saat ini banyak makanan yang mengandung zat-zat kimia (tidak semua). Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dapat menimbulkan penyakit yang sangat membahayakan bagi tubuh. Misalnya saja penggunaan zat pewarna pada makanan dan minuman, selain itu penggunaan vetsin yang berlebihan dapat juga menyebabkan penyakit. Seperti usus buntu, kanker, jantung, rematik dan penyakit lainnya. Selain menghindari makanan yang mengaundung zat kimia. Satu hal lagi yang perlu di jauhkan bahkan dihilangkan yaitu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berbau Junk Food (siap saji) atau Fast Food (cepat saji). Maka, sebaiknya kita makan makanan yang dapat membuat tubuh kita sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan atau makanan 4 sehat 5 sempurna.

Gaya HidupGaya hidup yang kita jalani saat ini adalah gaya hidup yang mengarah kepada budaya barat. Contoh dalam makanan adalah Junk Food dan Fast Food, dan makanan semacam itu sangat digemari oleh semua kalangan dan usia. Sebiknya makanan ini dihindari karena kurang (tidak) baik untuk kesehatan. Alangkah baiknya dan sangat bermanfaat jika kita lebh memilih makanan yang terbuat dari sayur-sayuran, misalnya gado-gado. Memang sekarang ini kita lebih memilih gengsi dari pada yang (lebih) bermanfaat. Selain gaya makanan yang kurang (tidak) baik, terdapat satu hal lagi gaya hidup yang kurang bahkan tidak baik, yaitu kebiasaan Clubbing. Anak muda (atau orang dewasa) saat ini sangat senang sekali mengunjungi tempat-tempat Clubbing atau tempat hiburan malam. Memang tujuan mereka mengunjungi tempat tersebut adalah untuk melepaskan kepeningan atau kelelahan yang terjadi setelah beraktivitas. Akan tetapi tujuan tersebut sering disalahgunakan. Mengapa Clubbing dikatakan dapat merusak kesehatan tubuh? Yang disalahkan dari Clubbing adalah kegiatannya, yang kadang (lebih banyak) digunakan untuk kegiatan atau melakukan yang kurang (tidak) positif dan (lebih menjurus kearah negati). Seperti, minum minuman yang beralkohol, merokok, dan tak jarang sebagai tempat transaksinya obat-obatan terlarang maupun transaksi seksual. Memang tidak semua orang yang datang ke Club untuk melakukan hal yang negatif. Coba, apakah ada Club yang menyediakan Bajigur, Bandrek, Gado-gado dan makanan lainnya yang berasal dari daerah kita yang lebih bergizi? Jika adapun hanya satu atau dua Club saja. Justru yang lebih sering kita temui di Club adalah Steak, Burger, Bir, dan minuman yang beralkohol.

Olah RagaDengan olah raga yang teratur dapat membuat badan kita sehat dan terjauh dari segala macam penyakit yang dapat saja menyerang tubuh kita. Dan dapat mengatur sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Berolah raga yag baik tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal atau harus mengunjungi tempat-tempat (sarana-sarana) olah raga yang banyak menyediakan fasilitas lengkap. Contohnya, hanya dengan olah raga lari yang rutin, itu akan dapat menjaga atau menjadikan tubuh sehat dan segar.

Lingkungan BersihApa gunanya makanan yang kita makan bergizi, gaya hidup yang sehat dan sering berolah raga jika lingkungan sekitar dan kebersihan rumah tidak terjaga? Berguna, tapi kemungkinan sangat kecil sekali (bahkan tidak). Jika lingkungan atau rumah kita jauh dari kata bersih, misalnya parit yang kotor dan tersumbat, sampah-sampah yang berserakan dan barang-barang (bekas) yang dibiarkan tergeletak. Itu akan dengan mudah mengundang bakteri-bakteri penyakit dan nyamuk-nyamuk untuk bersarang, dan timbullah berbagai macam penyakit seperti Malaria, TBC dan penyakit lainnya.

Seorang dosen Metode Penelitian Sosial di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi WJB mengatakan “Kecerdasan seorang anak tergantung dari supply makanan yang ia terima”. Pernyataan tersebut memang benar adanya, karena supply makanan yang diterima akan memengaruhi tingkat kecerdasan seorang anak. Dengan pemberian gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap maka otak anak tersebut akan (lebih) menjadi baik dan lebih kreatif. Memang, dalam pemberian gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap kepada anak memiliki masalah yang tidak bisa dihindari, yaitu masalah perekonomian.

Dapat kita ketahui Negara kita 80%-nya adalah penduduk yang perekonomiannya kelas menengah kebawah (dapat dikatakan mayoritas berpenduduk miskin). Maka bagaimana mungkin (kemungkinan besar) kebutuhan gizi dan nutrisi yang diberikan kepada seorang anak dapat terpenuhi dengan baik dan lengkap. Mengapa demikian? Karena, untuk memenuhi kebutuhan tersebut setidak-tidaknya harus memiliki perekonomian yang baik (memerlukan biaya yang cukup besar). Contohnya saja, untuk memberikan susu lanjutan (susu kaleng) kepada seorang anak kita harus membelinya, tidak mungkin dengan cuma-cuma kita mendapatkannya. Terkecuali kita mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan anak (bayi atau balita) yang rutin dan memiliki sapi untuk diperah susunya (dan itu juga memerlukan biaya, yaitu untuk membeli sapi dan memberinya makan).

Kecerdasan seorang anak tidak hanya dapat dipengaruhi oleh supply makanan yang ia terima, tapi dapat juga dari dalam dirinya sendiri berkat ketekunan atau keuletan yang ia lakukan. Dapat juga memang sudah diciptakan sebagai manusia cerdas, akan tetapi tetap saja harus didorong dengan ketekunan yang ia lakukan dan supply makanan yang ia terima selama hidupnya.

Kita dapat membandingkan anak-anak yang menerima gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap dari orang tuanya, dengan yang kurang (tidak) menerima gizi yang baik dan lengkap. Salah satunya adalah seorang anak yang menerima gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap dari orang tuanya, dalam berfikir, bertindak atau melakukan segala sesuatu lebih cepat atau lebih baik, dibandingkan dengan anak yang kurang (tidak) menerima gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap. Selain cara berfikir, dari postur tubuh atau fisik si anak dapat pula di bedakan. Anak yang menerima gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap akan terlihat lebih sehat (setidaknya lebih berisi atau lebih gemuk), sedangkan anak yang kurang (tidak) menerima gizi dan nutrisi yang baik atau lengkap akan terlihat kurus “kering”, walaupun ada yang gemuk setidaknya ia memiliki sedikit atau beberapa penyakit (seperti Maag maupun busung lapar).

Maka di akhir pembicaraan, marilah kita jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat dan menjaga lingkungan, agar terjaga dari segala macam penyakit. Selain itu, berikanlah anak-anak kita setidaknya pasokan gizi dan nutrisi yang baik, agar dapat hidup sehat dan bahagia.

Sekian pidato yang saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya mohon maaf. Wabillahi Taufik Wal Hidayah, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu…….
Nah,, Itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Contoh pidato kesahatan. semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk sahabat semua ketika mencari tema pidato.
Facebook Twitter

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top