Blog Seputar Kajian Islam, Al - Quran , Asmaul Husna, Juz Ke 30, Ayat Kursi, Doa-Doa, Bacaan Surat, Bacaan Doa, Kata Kata

Bacaan Sholat 5 Waktu dan Tata Cara Sholat Dengan Panduan Mencontoh Sholat Nabi (Muhammad Rasulullah SAW)

Bacaan Sholat - Sholat Secara etimologi berarti do’a dan secara terminology (istilah), para ahli Fiqih mengartikan secara lahir dan hakiki. Secara lahiriah Shalat berarti ‘Beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan di akhiri dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah menurut syarat-syarat yang telah ditentukan.
Dalil yang mewajibkan shalat ada beberapa didalam al-qur'an, diantaranya yaitu  yang berbunyi:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
Artinya:  “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan sholat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka,” (QS.al Baqarah(2) : 3)

وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS.al Baqarah(2) : 43)



وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS.al Baqarah(2):45)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah.” (QS.al-Maidah(5):6)

Bacaan Sholat Dan Tata Cara Dengan Panduan Mencontoh Sholat Nabi (Muhammad Rasulullah SAW)

Takbirotul Ihrom

Ini adalah hal pertama yang dilakukan dalam sholat, takbirotul ihrom sambil membaca "Allohu Akbar"

Bacaan Iftitah


Setelah takbirotul ihrom, anda langsung membaca do'a iftitah (pembukaan). Ada beberapa pilihan do'a yang dicontohkan oleh rosul, diantaranya yaitu:

اللَّهُمَّ باعِد بَيْني وبَيْنَ خَطايايَ كما بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ, اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ الخَطايا كما يُنَقّى الثَّوْبُ الأبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ, اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطايايَ بالمَاءِ والثَّلْجِ وَالبَرَدِ‏.‏
Allohumma baa'id baenii wa baena khotooyaayaa kamaa baa 'adta baenal masyriqi wal maghribi, Allohumma naqqinii min khotooyaayaa kamaa yunaqqist tsaubul abyadu minad danasi, Allohummagsil khotooyaayaa bil maa'i wa tsalji wal barod.



Artinya:
“Ya Alloh, jauhkan antara saya dengan kejelekan-kejelekan saya sebegaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Alloh, bersihkanlah diriku dari kejelekan-kejelekanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Alloh, basuhlah/cucilah kejelekan-kejelekan saya dengan air, salju dan embun."

Setelah membaca do'a iftitah, dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ



الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم



مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

يَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ



Bismillahirrohmaanirrohiim
Alhamdulillahi robbil 'aalamiin
Arrohmaani rrohim
Maaliki yaumid diin
Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin
Ihdinas sirootol mustaqiin
Sirootol ladziina an'amta 'alaihim goeril maghdzuubi 'alaihim walad dzoolin

Dengan menyebut nama Alloh yang maha pengasih dan maha penyayang.

Segala puji hanya bagi Alloh, Tuhan semesta alam.

Maha pemurah lagi maha penyayang.

Yang menguasai hari pembalasan.

Hanya kepadamu lah kami menyembah, dan hanya kepada-Mu lah kami meminta pertolongan.

Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.

Yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat, bukan mereka yang dimurkai dan bukan mereka yang sesat.


Setelah membaca surat al fatihah hingga selesai, anda harus membaca surat didalam al quran, apa saja (satu ayat juga diperbolehkan).


Lalu setelah membaca surat atau ayat didalam al quran, anda langsung ruku' sambil mengucap "Allohu akbar."

Bacaan Ruku'

Bacaan ruku' yang dicontohkan oleh rosul yaitu:
ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲ

"Subhaa-nakallahumma rabbanaa wa biham-dika allaahum-maghfil-lii

Bacaan 'i tidal (bangun dari ruku)

Setelah ruku, anda bangkit takbirotul ihrom sambil baca "Allohu Akbar". Lalu baca do'a berikut ini:


سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَه, رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ


"Sami'allohu liman hamidah, Robbana walakal hamdu.


"Alloh mendengar siapa saja yang memujinya, Ya tuhan kami, kepada Engkaulah segala pujian.

Ket:
Jika anda solat berjama'ah dan anda seorang makmum (bukan imam), maka cukup membaca Robbana walal hamdu .


Bacaan sujud

Setelah anda selesai membaca do'a 'itidal, anda langsung sujud sambil mengucap "Allohu Akbar". Lalu membaca do'a sujud berikut ini:


ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲ

"Subhaa-nakallahumma rabbanaa wa biham-dika allaahum-maghfil-lii

Bacaan duduk diantara dua sujud (Duduk iftirasy)

Setelah sujud dan membaca do'a sujud diatas, anda lalu bangkit duduk sambil mengucap "Allohu Akbar" lalu membaca do'a duduk diantara dua sujud berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاجْبُرْنِي وَاهْدِنِي وَارْزُقْنِي

"Allohummagfirlii warhamnii wajburnii wahdinii warzuqnii



"Ya Allah ampunila aku, kasihanilah aku, cukupkanlah aku, berilah aku hidayah dan berilah aku rizqi.

Kembali Sujud

Setelah anda membaca do'a iftirasy, anda kembali sujud sambil mengucap "Allohu Akbar" dan membaca kembali do'a sujud.


Bacaan Tahiyat


Setelah anda duduk, anda bangkit untuk tasyahud (awal atau akhir) sambil mengucap "Allohu Akbar". Lalu membaca do'a tasyahud berikut:





التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى  مُحَمَّد وعلى آلِ  مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى  إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى  مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ   مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى   إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ  إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد



Attahiyyatu lillah, wassolawaatu wattoyyibah, assalaamu 'alaika ayyuhannabiyyu warohmatullohi wabarokaatuhu, assalaamu 'alaina wa 'alaa 'ibaadillahis shoolihin, asyahu alla ilaaha illallohu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuululloh.
Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid.



“Semua salam/keselamatan milik Allah, demikian pula shalawat (doadoa= pengagungan kepada Allah Subhanahu wata’ala) dan ucapan-ucapan yang baik (yang pantas disanjungkan kepada Allah Subhanahu wata’ala). Salam kesejahteraan atasmu wahai Nabi, rahmat Allah dan keberkahan-Nya. Salam kesejahteraan atas kami dan atas hambahamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah saja tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya.” (HR. Abu Daud no. 971, dinyatakan sahih dalam Shahih Abi Daud)
lalu baca sholawat:
Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. “ Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. “ Diseluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia.




 Pada tasyahud akhir, anda bisa membaca tambahan do'a sebagai berikut:

اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ


Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajal.

Do'a Salam

Setelah anda selesai membaca do'a tasyahud, lalu anda salam. Pertama menoleh ke kanan sambil membaca "Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh". Lalu menoleh ke kiri sambil membaca "Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh".

Baca juga : 

Demikian Pembahasan mengenai Bacaan sholat dan Tata Cara nya Semoga bermanfaat..
Facebook Twitter

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top