Blog Seputar Kajian Islam, Al - Quran , Asmaul Husna, Juz Ke 30, Ayat Kursi, Doa-Doa, Bacaan Surat, Bacaan Doa, Kata Kata

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup - Daftar riwayat hidup adalah suatu keterangan jati diri yang bersifat promosi kepada perusahaan maupun instansi yang inggin di lamar karena persyaratan melampirkan Daftar riwayat hidup mutlak harus dilakukan. Surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup adalah kesatuan yang tidak dapat di pisahkan.

Isi dari daftar riwayat hidup adalah keterangan pribadi serta latar belakang pendidikan baik formal maupun non formal. Dengan adanya daftar riwayat hidup maka perusahaan dapat mengetahui tentang si pelamar tersebut. Serta perusahaan atau instansi dapat menindak lanjuti terhadap surat lamaran tersebut. Apakah si pelamar akan di panggil atau tidak untuk wawancara karena surat lamaran dan dafar riwayat hidup sangat berpengaruh dalam menarik simpati perusahaan atau instansi.

Sehingga dalam membuat daftar riwayat hidup harus benar benar sesuai dengan adanya jati diri si pelamar, jangan di jadikan sebagai gagahan semata, karena berdasarkan daftar riwayat hidup itulah perusahaan akan mengetahui tentang jati diri pelamar.

Hal - hal yang harus diperhatikan ketika membuat Contoh Daftar Riwayat Hidup
Contoh Daftar Riwayat Hidup
  • Menyertakan fakta-fakta mengenai latar belakang pelamar secara jujur dan benar.
  • Menyertakan kualifikasi yang dimiliki.
  • Menyertakan tujuan karir yang anda inginkan
  • Tanggal dan Tempat.

ketika menulis tentang tanggal dan tempat sekolah, kerja .dll anda harus dengan jelas, semisal dimana anda sekolah, tahun berapa anda masuk dan lulus sekolah. terus dimana anda kerja , jabatan apa yang anda duduki waktu itu, serta mulai/selsai kerja kapan? . itu semua harus dengan jelas ditulis sehingga reqruiter tidak bingung.
  • Rinci. Jika ada kata kata khusus, anda bisa menjelaskan secara rinci , sehingga tidak membuat pembaca bingung.
  • Proporsional.buatlah sebuah Daftar Riwayat Hidup yang proporsional dan tidak ngawur.
  • Relevansi 
  • Explicit. Jangan membuat resume yang membuat pembaca berimajinasi.
  • Tanda baca, ejaan, dan tata bahasa. 
  • Mudah dibaca. 
  • Penghargaan yang pernah diterima harus sesuai dengan jabatan yang kita lamar. contoh jika kita melamar sebagai HRD tidak sepantasnya kita menampilkan penghargaan menyanyi dll.

Tips & Cara Membuat Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja


Usahakan panjang maksimal dari CV yang akan dibuat hanya 3 sampai 4 Halaman.
Buatlah CV riwayat hidup yang mudah dibaca dan mudah dipahami.
Cantumkanlah foto terbaru Anda dan usahakan berpakaian formal namun dengan mimik wajah yang rilex (dengan senyum misalnya).
Jangan menulis pengalaman yang tidak penting untuk disebutkan, misalkan anda melamar pada bidang Perbankan Anda tidak perlu mencantumkan pengalaman menjuarai perlombaan menggambar.
Tulislah training yang pernah Anda ikuti namun cukup training yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan pelamaran Anda ke instansi.
Tulislah kompetensi lain yang menunjang pekerjaan.
Dan yang terakhir berusahalah sejujur jujurnya dalam membuat CV, jangan pernah mencoba memanipulasi CV.

 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Naila Shakila Khaerani
Tempat, Tanggal Lahir : Jamanis, 01 Juli 1995
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Dusun Kalimaya, Rt/ Rw 01/09 Kalijati
No. Telpon : 08522345678910
Email : nailashakila@ymail.com

PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 5 Tasikmalaya : Tahun 1996 - 2002
2. SMP Negeri 1 Tasikmalaya : Tahun 2002 - 2005
3. SMK Negeri 2 Tasikmalaya : Tahun 2005 - 2008
4. S1 Fakultas Programing Universitas Indonesia : Tahun 2008 - 2012

PENDIDIKAN INFORMAL
1. Kursus Komputer dan Jaringan di Tasikmalaya : Tahun 2009
2. Kursus Progamming di TasikmalayaProgammer : Tahun 2010
3. Basic Language English di Tasikamalaya : Tahun 2011

RIWAYAT PEKERJAAN
1. Progamming di PT. Nagrak.co.id, Tasikamalaya : Tahun 2012 - 2013
2. Manager Progamming PT. Sumber Waras, Tasikmalaya : Tahun 2013 - 2014

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data PribadiNama : Restu SabartuTempat, Tanggal Lahir : Jamanis, 5 Agustus 1995Jenis Kelamin : Laki LakiAgama : IslamKewarganegaraan : IndonesiaAlamat : Jl. Lawang Tonjong No. 10 JamanisTelepon : 0265, 123456 (Rumah)
Latarbelakang Pendidikan
Formal1991 – 1994 : SMP Negeri 1 Jamanis1994 – 1997 : SMAN 2 Tasikamalaya1997 – 2001 : Unyversitas ITB Bandung
Non Formal1994 – 1996 : Kursus Komputer di IT Dinamika Solutions, Bandung1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di EF Course, Bandung2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)
Kemampuan
1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)2. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)3. Sistem Perpajakan
Pengalaman Kerja
1. Praktek Kerja Lapangan:Praktek Kerja di PT. Nagrak.co.id, TasikmalayaPeriode : Mei 2005 - Agustus 2007Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 804 JakartaPosisi : Operator AdministrasiRincian Pekerjaan:- Mengupdate data konsumen- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen- Menyiapkan tagihan
2. Bekerja di PT. Laksana Smansa Jaya, Jakarta
Periode : Juni 2007 - Juli 20010Status : Karyawan TetapPosisi : Staf bagian FinanceRincian pekerjaan :Mengelola kas kecil perusahaan.Melakukan surat menyurat untuk bisnis yang dijalani perusahaan.Mengontrol persediaan peralatan kantor.Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok.Penggajian (payroll).
Sekianlah infomasi mengenai Contoh Daftar Riwayat Hidup yang dapat kami berikian pada sahabat semua, nah, cukup mudah kan membuat daftar riwayat hidup dan contoh di atas adalah contoh yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang,, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat.
Facebook Twitter

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top