Blog Seputar Kajian Islam, Al - Quran , Asmaul Husna, Juz Ke 30, Ayat Kursi, Doa-Doa, Bacaan Surat, Bacaan Doa, Kata Kata

Contoh Sistematika Penyusunan Skripsi Yang Baik dan Benar

Sistematika Penyusunan Skripsi Yang Baik dan Benar - Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Sistematika Penyusunan Skripsi Yang Baik dan Benar

Contoh Sistematika Penyusunan Skripsi Yang Baik dan Benar
Pada umunya penulisan TA dan Skripsi dapat dibagi ke dalam tiga bagian utama, yaitu :
  • (1) bagian Awal,
  • (2) bagian Inti,
  • (3) bagian Akhir.
1. Isi Bagian Awal Isi bagian awal penulisan skripsi terdiri atas : Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Persetujuan, Halaman Pernyataan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran.
a) Halaman SampulHalaman sampul berisi: Judul secara lengkap, kata skripsi, nama dan nomor pokok mahasiswa (NPM), dan diikuti dengan nama lengkap Perguruan Tinggi, Jurusan, Dan waktu (tahun) lulus ujian.
b) Halaman Persetujuan PembimbingHalaman persetujuan pembimbing adalah Halaman persetujuanyang memuat persetujuan dari pembimbing I dan Pembimbing I
c) Halaman PernyataanHalaman pernyataan adalah halaman yang memuat tentang pernyataan mahasiswa bahwa penelitian yang dilakukan adalah benar benar asli, bukan dari hasil ciplakan
d) AbstrakAbstrak harus ditulis dalam bahasa indonesia. Dalam teks abstrak disajikan secara padat inti sari skripsi, yang mencakup: nama mahasiswa, tahun, judul skripsi dan nama pembimbing tanpa gelar. Latar belakang tujuan penelitian, permasalahan penelitian, metode penelitian, peralatan analisis, hasil-hasil yang diperoleh, kesimpulan, dan saran yang diajukan.
e) Kata PengantarDalam kata pengantar dicantumkan ucapan terima kasih penulis yang ditujukan kepada orang-orang, lembaga, organisasi, atau pihak-pihak lain yang telah membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan penulisan skripsi.
g) Daftar IsiDidalam halaman daftar isi dimuat judul bab dan judul sub bab yang disertai dengan nomor halaman tempat pemuatannya didalam teks.
h) Daftar TabelHalaman daftar tabel memuat nomor tabel, judul tabel, serta nomor halaman untuk setiap tabel. Judul tabel harus sama dengan judul tabel yang terdapat didalam teks
i) Daftar GambarPada halaman daftar gambar dicantumkan nomor gambar, judul gambar, dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks. Judul gambar yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal.
j) Daftar SkemaPada halaman daftar skema dicantumkan nomor skema, judul skema, dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks. Judul skema yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal.
k) Daftar LampiranDaftar lampiran memuat nomor lampiran, judul lampiran, serta halaman tempat lampiran itu berada. Judul lampiran yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal.

II. Bagian Utam Bagian ini memuat isi Skripsi dan Tesis yang di antaranya di tuliskan dalam bebrapa bab.
Bab PendahuluanBab ini biasanya menjadi bab pertama dalam menyusun sebuah skripsi dan tesis,Isinya meliputi :
Latar belakang masalahMengemukakan penetahuan tentang masalah yang melahirkan topic penelitian,mengungkapkan tetang alas an ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian yang akan dilakukan.Pengetahuan ini dapat beruapa permasalah yang pada penelitian yang sudah di lakukan peneliti lain yang terkait dengan topic penelitian.
Rumusan/Identifikasi MasalahMemuat inti sari dari latar belakang dan mengemukakan batasan penelitian.Biasanya rumusan masalah di nyatakan dalam beberapa pertanyaan yang jawabanya akan di bahas pada bab akhir.
Tujuan PenelitianMengemukakan tujuan yang di harapka dari penelitian yang akan di lakukan sesuai dengan sasaran penelitian yang di paparkan dalam latar belakang masalah dan rumusan masalah.
Manfaat PenelitianMengemukakan manfaat dari hasil penelitian yang di lakukan.Manfaat penelitian harus sejalan dengan tujuan penelitian.
Sistematika Penulisan SkripsiMengemukakan urutan bab yang terdapat dalam penulisan Skripsi dan Tesis yang dibuat dan disertai ringkasan isi masing masing bab.
 Bab Tinjauan PustakaBab ini biasanya menjadi bab kedua.bab ini memuat tetang teori teori yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.Sumber tulisan ddapat berupa karya tulis ilmiah yang ditulis dalam proseiding ,jurnal,skripsi tesis,disertasi,dan lain lain.Kita perlu hati hati dalam penulisan bab ini,karena kita kan melibatkan banyak sumber,sehingga setiap materi yang di kutip dari sumber harus di sebutkan sumbernya.
 Bab Utama
Bab bagian  ini biasanya memuat beberapa bab,seperti :

Bab Metode penelitian, bagian ini menguraikan langkah langkah yang akan di lakukan dalam penelitian atau menguraikan rancangan penelitian.

Bab hasil dan pembahasaan,bagian ini menguraikan hasil penelitian yang dapat di tampilkan dalam bentuk gambar(grafik) dan table.Selain itu memberikan uraian singkat terhdap hasil penelitiannya tersebut sehingga mendapatkan kesimpulanya.

Bab Simpulan dan Saran
bab ini secara otomatis sebagai bab terakhir.Biasanya Memuat :

Simpulan,mengemukakan simpulan yang terkait hasil penelitian yang di peroleh dengan merujuk pada rumusan dan tujuan penelitian,sehingga kita dapat menilai tingkat keberhasilan penelitian kita.

Saran : mengemukakan saran terkait kekurangan dan keterbatsan hasil temuan dalam penelitian untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.
III. Isi Bagian Akhir

Hal-hal yang perlu dimasukkan kedalam bagian ini adalah yang mendukung atau terkait erat dengan uraian yang terdapat pada bagian inti. Isi pada bagian akhir adalah
  • (a) Daftar Pustaka;
  • (b) Lampiran – Lampiran.
Demikianlah informasi mengenai  Contoh Sistematika Penyusunan Skripsi Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan bisa menajdi referensi bagi sahabat semua.
Facebook Twitter

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top